Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Kesebangunan
Kelas / Satuan Pendidikan : IX / SMP
Waktu :1 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1. Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalm pemecahan masalah
C. Indikator
- Siswa dapat memahami kesebangunan
- Siswa mampu menggunakan sayarat-syarat kesebangunan dalam pemecahan masalah bangun datar
- Siswa mampu memecahkan masalah kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari
Apersepsi
1. Sebelum memulai pembelajaran guru mengingat kembali kepada siswa tentang materi perbandingan dan skala pada peta
Sebelum mempelajari materi ini kalian harus mengingat kembali materi perbandingan yang telah dipelajari pada kelas VII.
Pernahkah kalian melihat gambar ini ? Tentu saja kalian tidak asing dengan gambar ini.yup, ini adalah gambar peta dan pas foto . Ternyata membuat peta dan pas foto itu menggunakan konsep matematika, yaitu konsep kesebangunan. Kesebangunan juga berguna untuk menghitung tinggi suatu benda yang sulit diukur secara langsung.
Eksplorasi
2. Guru memberikan menjelaskan pengertian kesebangunan melalui uang kertas. Siswa mengeluarkan uang kertas dan dengan panduan guru , siswa dapat memperoleh definisi kesebangunan, dan syarat-syarat kesebangunan
Pengertian Kesebangunan
Kesebangunan adalah benda atau bangun datar yang memiliki bentuk yang sama tetapi ukuran yang berbeda. Contohnya adalah uang kertas, semua uang kertas berbentuk persegi panjang namun jika mata uang Rp. 1000 diletakkan diatas mata uang Rp. 100.000, maka uang Rp. 100.000 tidak akan menutupi uang Rp. 1000 karena uang seribu lebih kecil dari uang seratus ribu .
Syarat Kesebangunan
Untuk mengetahui kedua bentuk atau bangun sebangun atau tidak , maka kita harus menemukan kedua syarat ini :
1. Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
2. Sisi-sisi yang bersesuaian sebanding
Mencocokkan syarat :Perhatikan dua bangun di bawah ini Datar dibawah ini :
Perhatikan gambar persegi ABCD dan PQRS , sekarang kita akan membuktikan apakah kedua bangun ini sebagnun atau tidak dengan menggunakan kedua syarat diatas
1. Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
yaitu : ﮮ A = ﮮP, ﮮ B = ﮮQ, ﮮC = ﮮ R. dan ﮮ D = ﮮ S
2. Sisi-sisi yang berseusaian sama panjang
karena kedua syarat terpenuhi , maka kedua bangun ini sebangun ^_^.
3. Siswa bersama-sama dengan guru menonton video kesebangunan untuk menambah pemahaman siswa tentang definisi kesebanguanan serta syarat-syarat kesebangunan pada bangun datar
Mari kita tonton bersama-sama video kesebangunan ini =>
4. Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok. Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok
Yuk, sekarang kita coba memahami melalui soal ini :
Sekarang cobalah untuk mencari bangun apa saja yang sebangun melalui gambar ini
Selamat Mencoba :).
Elaborasi
5. Perwakilan siswa mepresentasikan hasil kerja
6. Guru memberikan masalah kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari. siswa menyelesaikan masalah tersebut dengan konsep kesebangunan yang telah diajarakan
Masalah Kesebangunan dalam Kehidupan sehari-hari
Kesebangunan itu emang banyak gunanya berikut ini adalah aspek kehidupan sehari-hari yang menggunakan konsep kesebangunan
Konfirmasi
7. Guru memberikan soal-soal kepada siswa. Siswa mengerjakan soal yang diberikan dan memberi kesimpulan atas pelajaran yang telah dipelajari.
Coba juga belajar dari power point dan soal-soal didalamnya berikut ini :
Udah paham dengan kesebangunan ? Untuk menguji kepahamanmu cobalah untuk mengerjakan soal ini :
Soal Dasar Kesebangunan
Soal Kesebangunan Untuk SMP Kelas IX
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar